Tips Terhindari dari Serangan virus Malware


Selamat berbahagia untuk kita semua, semoga komputer anda sehat selalu. Disini saya akan berbagi tips kepada kalian semua. Mengenai virus malware. Apakah kalian tau apa itu malware?  Malware adalah sejenis virus pada komputer yang di ciptakan untuk merusak sistem komputer. Bahkan virus ini dapat mencuri data kalian, mengubah dan merusak melalui sistem.

Mengapa bisa terserang malware? Malware terserang karena berhasil terinstal oleh pengguna sendiri. Malware biasanya berupa program yang menyerupai program yang anda cari. Yang jadi masalah, pengguna tidak mengetahui bahwa program tersebut adalah malware, dan kemudian pengguna menginstal virus tersebut dan masuk ke dalam sistem.

Biasanya malware muncul pada saat membuka browser, disana banyak semacam layanan yang tidak jelas. Disini saya kan memberi tips agar terhindar dari malware : 

1. Men download Aplikasi di website resmi. 

 

Jika kalian ingin mendownload sebuah software, di sarankan download pada website resminya. Kenapa? Karena isi dari software tersebut asli yang anda cari. Tetapi tetap berhati-hati. Kebanyakan virus, terkadang tersembunyi pada installer software tersebut. Jadi, pada saat kalian menginstal, jangan asal klik next dan instal, baca dahulu apa yang di instal dan apa yang akan di next. Karena virus, sebelum menginstal, sebelumnya menanyakan kepada pengguna, apakah ingin di instal? Karena pengguna tidak mengetahui dan tidak membacanya, akhirnya pengguna klik instal dan  virus terinstal pada sistem. 

2. Jangan Sembarangan Memasukan Akun Anda


Setiap orang  pasti mempunyai media sosial, email dll. Di dalam akun tersebut, tersimpan data pribadi kita, bahkan data kartu kredit. Kemudian, yang di inginkan dari malware tersebut adalah ingin mengetahui data pribadi anda lewat username dan password yang anda masukan sendiri.

Di sarankan, jika di suruh memasukan username dan password, pastikan dari website resmi yang kita butuhkan. Anda tau phising? Phising adalah software palsu yang menyerupai software aslinya. Hacher membuat software palsu tetapi menyerupai aslinya bertujuan ingin mengambil data. Mereka berpikir, bahwa pengguna tidak tau bahwa itu software palsu, dan pengguna akan memasukan username dan passoword mereka.

Kita sebagai pengguna lebih berhati-hati lagi jika ingin memasukan username dan password. Pastikan nama software dan gambar icon sesuai yang aslinya, dan pastikan dari website resmi.

3. Jangan Sembarangan Menginstal Program Installer


Kita menggunakan PC di dalamnya terdapat software yang membantu pekerjaan kita. Sebelum menggunakan software tersebut kita akan menginstalnya. Apakah software tersebut yang sebenarnya ? Atau malah virus yang terisntal? 

Ketika menginstall sebuah software, maka kita akan menuju file installer yang berformat ,exe . Format tersebut merupakan format untuk menginstal aplikasi. Begitu juga dengan virus, mereka akan berformat .exe sebagai awal instal mereka. Karena virus tersebut berupa aplikasi.

Bagaimana cara membedeakannya? Jika installer asli, maka icon pada file installer tersebut berupa gambar logo dari aplikasinya tersebut, dan kita saat menginstal tidak ada embel-embel iklan.

Jika software yang kita instal adalah virus, maka memiiliki ciri gambar icon pada file instaler berupa gambar komputer, dan pada saat kita meng klik, banyak sekali iklan yang ada pada installer tersebut. Jika menemui seperti itu, langsung saja anda tutup program tersebut, untuk menghindaru virus masuk ke dalam sistem.

4. Selalu aktifkan Windows Update

Mengapa kita selalu mengaktifkan windows update? Ya, jika komputer kita terserang oleh virus, dan dinding pengaman kita sudah mulai terkikis, maka windows akan terkoneksi ke server untuk menguatkannya kembali. 

5. Gunakan Windoes Defender

Windows Defender merupakan anti virus yang di sediakan oleh Windows. Di sarankan hanya gunakan Windows Defender untuk anti virus, karena sangat baik dan aman. Selalu scan PC anda setiap 3 hari sekali, dan selalu update untuk mengenali virus terbarunya. 


Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya sarankan, semoga lebih hati-hati lagi pada saat download file dan jangan sembarangan memasukan username dan password anda. Selalu Update Windows dan Scan PC anda dengan Windows Defender secara rutin

Terima kasih. Salam sehat selalu pada komputer anda.